Selasa, 10 Januari 2017

Frozen Food

Apakah yang dimaksud dengan frozen food ? Frozen food atau makanan beku adalah aneka jenis makanan yang dibekukan dengan tujuan untuk mengawetkan makanan hingga siap dimakan.
Sejak zaman dahulu, petani, nelayan, dan pemburu telah mengawetkan hasil usaha mereka di bangunan yang tidak terhangatkan ketika musim dingin. Pembekuan memperlambat dekomposisi dengan mengubah kadar air yang tersisa menjadi es dan menghambat pertumbuhan sebagian besar spesies bakteri.

Pada dasarnya terdapat dua jenis proses pembekuan makanan, yaitu secara mekanik dan secara kriogenik (flash freezing). Kinetika pembekuan berperan penting dalam nenentukan kualitas makanan yang dibekukan. Pembekuan yang cepat menyebabkan partikel air di dalam makanan yang membeku membentuk partikel es berukuran kecil. Pembekuan yang lambat cenderung menghasilkan partikel es berukuran besar sehingga merusak tekstur bagian dalam makanan. Pembekuan kriogenik saat ini merupakan teknologi pembekuan tercepat karena penggunaan nitrogen cair. Secara umum perkembangan teknologi pembekuan menuju kepada proses pembekuan yang lebih cepat dan efisien secara energi dan biaya.
Mengawetkan makanan di dapur pada abad ke 20 dan 21 dilakukan menggunakan freezer. Ibu rumah tangga harus membekukan bahan pangan yang dibelinya pada hari yang sama jika tidak segera dimakan.
Makanan beku umumnya tidak membutuhkan bahan tambahan makanan lainnya karena mikroorganisme sudah terhambat pertumbuhannya pada tempratur beku dan hal itu cukup untuk menahan laju pembusukan. Namun untuk pembekuan jangka panjang pada temperatur yang lebih rendah dari -9.5 °C, bahan makanan dapat ditambahkan dengan karboksimetilselulosa (CMC) yang berfungsi sebagai penstabil. CMC tidak memiliki rasa, tidak memiliki bau, dan tidak merusak kualitas bahan makanan.

Berdasarkan sebuah studi, masyarakat Amerika Serikat rata-rata mengkonsumsi 71 makanan beku per tahun, yang hampir semuanya adalah makanan beku pra-masak.

Untuk kita di Indonesia, saat ini beberapa jenis makanan juga dibekukan menjadi frozen food. Bisa berupa cemilan yang tinggal digoreng, atau buah-buahan. Salah satu jenis buah yang dapat dibuat frozen food (dibekukan) adalah durian. Durian frozen masih memiliki rasa dan kualitas yang tidak jauh berbeda dengan aslinya. Kita tinggal mendiamkannya 2-3 jam maka durian frozen bisa langsung dikonsumsi.  Salah satu produsen durian frozen bisa anda peroleh di Supplier Durian Medan Jabodetabek.

Sumber : Wikipedia dan sumber lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar